Sunday, October 19, 2014

Mahasiswa YAN Digembleng Pintar Menulis dan Jurnalistik

CIPUTAT, METROTANGSEL.COM - Sebanyak 120 mahasiswa dari Yayasan Aldiana Nusantara (YAN) selama 5 bulan mulai Februari hingga Juni 2013 akan mengikuti pelatihan menulis dan jurnalistik. Kegiatan ini merupakan kerjasama YAN dengan Swapelita (Silaturahmi Wartawan Penulis Lingkungan Tangerang Selatan).

Sekedar diketahui, para mahasiswa itu berasal dari 33 provinsi se-Indonesia yang merupakan mahasiswa program beasiswa YAN. Koordinator Program Beasiswa YAN, Habibie mengatakan, saat ini minat menulis mahasiswa sudah cukup tinggi. Hanya saja, kemampuan mahasiswa dalam menulis masih belum terasah dengan baik. “Bahkan, ada mahasiswa yang bisa mengungkapkan apa yang ada di benaknya namun tidak bisa menuangkan dalam bentuk tulisan,” jelasnya. Untuk itu, pihaknya ingin membekali para mahasiswa dengan ketrampilan jurnalistik, dengan harapan saat wisuda nanti para mahasiswa punya bekal ketrampilan di bidang penulisan.

Koordinator Umum Program Diklat dari Swapelita Anta Putra mengatakan, pola pelatihan yang dikembangkan beda dari biasanya. Swapelita, dalam pelatihan kali ini mengembangkan metode BLAC! (Belajar Langsung Action). Melalui metode ini, seorang peserta pendidikan diasah kemampuan menulisnya dengan pola-pola tertentu sehingga dalam waktu singkat sudah memiliki kemampuan menulis.

Seperti diketahui, YAN saat ini mengelola empat perguruan tinggi di Ciputat Tangerang Selatan (Tangsel). Diklat yang dipusatkan di Diklat ini akan dipusatkan di asrama mahasiswa YAN Mega Mall Ciputat Jl. Juanda Ciputat Tangsel ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 152/E/T/2012 tentang publikasi karya ilmiah yang mewajibkan calon sarjana S1, S2 dan S3 mempublikasikan karya ilmiah.

Ketua Dewan Pembina Swapelita, Cicih Sunarsih, SE mengatakan, diklat seperti ini akan terus dikembangkan untuk membantu kemampuan mahasiswa untuk menulis. Di sisi lain diharapkan mahasiswa mampu bersikap kritis terhadap informasi dan mampu menganalisanya. “Yang paling penting, dengan program yang diadakan mampu menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa,” jelasnya.

Adapun pemateri program ini adalah wartawan dari berbagai media mulai dari media harian, mingguan, tabloid, majalah hingga media online. Materi yang diajakan diantaranya mengenal Pers dan Jurnalistik, teknik menulis berita, teknik wawancara, dan kode etik jurnalistik. Kemudian di bidang penulisan akan dilatih tips dan trik menulis, tips & trik menulis buku best seller, tips agar ide terus mengalir, panduan menulis sosok/profile, feature, foto jurnalistik dan desain/artistik. TRA

sumber:  http://metrotangsel.com/2013/03/mahasiswa-yan-digembleng-pintar-menulis-dan-jurnalistik/

0 comments:

Post a Comment